PP Mambaul Huda Gelar Sidang Munaqosah Santri

Sidang Munaqosah PP Mambaul Huda
Dan
SMP NU BP Pajomblangan Tapel 2014-2015


Pekalongan – SMP NU Berbasis Pesantren Pajomblangan Senin  (16/6) kemarin menggelar acara pelepasan para siswa siswi kelas IX, acara tersebut berlangsung hikmat dan membahagiakan. Pasalnya, selain acara pelepasan, malam Selasa lalu itu juga diisi dengan sidang kelulusan santri putra putri Ponpes Mambaul Huda yang telah selesai mengkhatamkan Al-Quran bin Nadlor dan berbagai kitab salaf,  selain itu ada juga beberapa acara tambahan yang berlangsung dengan meriah.
Sejak menjelang petang acara sudah dimulai dengan lantunan rebana Ponpes Mambaul Huda Pajomblangan yang tahun ini mendapat predikat juara II dalam Olimpiade Al-Quran Dan Sains (OASIS) se-Jateng I. Hingga menjelang Isya para santri yang hendak menjalani sidang tersebut mengkhatamkan Al-Quran dengan pembacaan Juz Amma.
Berdasarkan penjelasan ketua panitia, Chozinatul Absor, S.Pd. Pelepasan siswa tahun ini diikuti oleh  65 siswa kelas IX dan 29 santri khotmil Quran dan Kutub serta 475 tamu undangan dari beragam elemen, mulai orang tua wali dan tokoh masyarakat setempat.
“Acara-acara tersebut memang dilangsungkan lebih awal guna menghemat waktu karena acara malam itu berisi beragam acara. Kemudian acara pelepasan juga digabung dengan sidang kelulusan santri.”jelas ketua panitia.
Para siswa-siswi yang hendak diwisuda diarak dari masjid dengan iringan Marching Band Fata Nabila  hingga menempati tempat acara. Keceriaan suka cita juga terlihat dari wajah para wisudawan. Selanjutnya diisi sidang para santri tentang ilmu pengetahuan agama dan siswa-siswi tentang ilmu pelajaran sekolah dengan hasil yang memuaskan. Bertindak sebagai ketua hakim sidang santri, Ustadz Ismail Sholeh dengan dua hakim pembantu, Ustadz Mujahidin dan Akrom Adabi. Sedangkan untuk sidang wisuda dipimpin oleh hakim Kyai Adib Karomi dengan dua hakim pembantu Bapak Kunaifi, S.E. dan bapak Ahmad Wajiz, S. Ag.
Pada pertengahan acara, para siswa-siswi SMP NU BP yang berprestasi berkenan mendapatkan penghargaan hadiah sebagai bentuk apresiasi. Selain itu, pemberian hadiah secara simbolis bagi para siswa yang memenangkan berbagai perlombaan mulai dari tingkat kecamatan, maupun propinsi juga dilangsungkan  pada malam itu juga.
Kepala Sekolah SMP NU BP Pajomblangan, Kyai Adib Karomi dalam pelepasan kemarin mengaku bangga kepada para siswa-siswinya karena meskipun sekolah swasta dan berada di pedesaan, sekolah tersebut juga tetap mampu bersaing dan menyabet beragam prestasi di berbagai perlombaan, termasuk pada malam pelepasan tersebut tiga siswa dan satu guru tidak bisa hadir karena tengah mengikuti lomba tingkat Provinsi.
Selanjutnya,  Kyai Adib Karomi yang juga sebagai pengasuh pondok pesantren Mambaul Huda menghimbau kepada para murid-muridnya untuk tetap mencari ilmu yang berakhlaq dan berakhlaq dengan ilmu, sebagaimana visi misi sekolah tersebut “Berilmu, Beretika, dan Berestetika.”

“jangan sampai kalian melupakan tatanan ilmu dan amaliyahnya serta keauladanan para  asatidz yang berhaluan Ahlussunah Wal Jamaah sebagaimana yang telah diajarkan disekolah ini, siang jadi priyai malam jadi kyai, di kantor bekerja dengan profesional di masyarakat penuh bakti dan amal.” Imbuh kyai Adib Karomi dalam sambutannya.

Post a Comment

Sebelumnya Selanjutnya